Xamarin | .NET mobile app
Halo, Jadi kali ini saya mencoba untuk membuat aplikasi mobile pertama yang menggunakan Xamarin. Apa sih Xamarin itu? Xamarin merupakan platform open-source pada .NET yang dikhususkan untuk membuat aplikasi untuk iOS, Android, dan bahkan Windows. Oke langsung saja ke langkah-langkahnya.
- Membuat Project Xamarin Form
Untuk awalnya seperti biasa, kita terlebih dahulu membuat sebuah project pada Visual Studio. Kali ini project yang
dipilih adalah Mobile App (Xamarin.Forms).
Karena kita akan membuat aplikasi yang sederhana,
maka Blank template sudah cukup sehingga bisa kita pilih.
- Mendesain UI aplikasi
Setelah project baru berhasil dibuat, maka kita lakukan desain UI pada file MainPage.xaml. Ubah isi file
tersebut seperti ini.
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
<?xml version="1.0" encoding="utf-8" ?> | |
<ContentPage xmlns="http://xamarin.com/schemas/2014/forms" | |
xmlns:x="http://schemas.microsoft.com/winfx/2009/xaml" | |
x:Class="HelloXamarin.MainPage"> | |
<StackLayout> | |
<StackLayout.Background> | |
<LinearGradientBrush StartPoint="0,0" | |
EndPoint="0,1"> | |
<GradientStop Color="White" | |
Offset="0.3"/> | |
<GradientStop Color="Teal" | |
Offset="1.0"/> | |
</LinearGradientBrush> | |
</StackLayout.Background> | |
<Frame BackgroundColor="Teal" Padding="24" CornerRadius="0"> | |
<Label Text="Say Hello to Xamarin.Forms!" HorizontalTextAlignment="Center" TextColor="White" FontSize="36"/> | |
</Frame> | |
<Button Text="Tap Tap Here!!!" Clicked="Button_Clicked" BackgroundColor="Bisque"></Button> | |
<Label Text="Hi There" FontSize="Title" Padding="30,10,30,10"/> | |
<Label Text="Ini adalah aplikasi mobile pertama saya menggukan XamarinForms!" FontSize="16" Padding="30,0,30,0"/> | |
<Label Text="(ノ'ヮ`)ノ*: ・゚" Padding="30,10,30,10" FontSize="Subtitle" FontAttributes="Bold" TextColor="Teal"></Label> | |
<Label FontSize="16" Padding="30,24,30,0"> | |
<Label.FormattedText> | |
<FormattedString> | |
<FormattedString.Spans> | |
<Span Text="Kunjungi "/> | |
<Span Text="https://github.com/ilhambayhaqi/" FontAttributes="Bold"/> | |
</FormattedString.Spans> | |
</FormattedString> | |
</Label.FormattedText> | |
</Label> | |
</StackLayout> | |
</ContentPage> |
- Membuat button handler
Kemudian kita membuat logic yang akan diimplementasikan ketika pengguna menekan button pada halaman awal. Untuk
itu kita menambahkan beberapa hal dibawah pada MainPage.xaml.cs.
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
int count = 0; | |
private void Button_Clicked(object sender, EventArgs e) | |
{ | |
count++; | |
((Button)sender).Text = $"You tapped {count} times."; | |
} |
- Mengkoneksikan dengan Android
Untuk menjalankan aplikasi, terdapat 2 pilihan yaitu dengan menggunakan emulator ataupun menjalankan langsung
di perangkat mobile kita. Kali ini, saya memilih untuk menjalankan langsung pada perangkat penulis. Agar
aplikasi dapat berjalan, maka kita harus menghubungkan perangkat kita dengan kabel USB dan pastikan USB
Debugging telah diaktifkan.
Untuk hasilnya bisa dilihat sebagai berikut.
Komentar
Posting Komentar